--> Skip to main content

Usaha Martabak Mini Cara Cepat Cari Untung

Martabak Manis
Usaha Martabak Mini Cara Cepat Cari Untung-Usaha seperti apa yang bisa membuat anda tertarik ingin menekuninya? Saya yakin pasti anda menginginkan usaha yang cepat untung,modalnya kecil dan waktunya singkat,Betul bukan? Namun sepertinya mencari usaha yang seperti itu cukup sulit yang ada juga modalnya besar meskipun menguntungkan contohnya toko sembako,toko bangunan,Rumah makan,Warnet dan masih banyak lagi.

Bahkan tak jarang modalnya besar tapi tak bisa mendatangkan keuntungan karena ternyata sepi pelanggan contohnya Bengkel motor.Ada juga Usaha yang modalnya kecil tapi untungnya juga kecil sehingga hanya cocok dijadikan usaha sampingan contohnya bisnis pulsa elektrik dengan modal 100 ribu saja sudah bisa mulai usaha tapi untungnya Cuma seribu perak per transaksi sehingga butuh pembeli yang banyak jika omsetnya mau bagus tapi itu susah karena penjual pulsa elektrik bak jamur dimusim hujan.

Lalu usaha apa dong yang modalnya kecil tapi cepat dapat untung? Tenang saja karena sebentar lagi saya akan menginformasikan usaha yang semacam itu dan bagusnya lagi saya sudah mencobanya bahkan masih berlangsung hingga sekarang.Usaha yang dimaksud adalah usaha martabak mini manis atau martabak unyil.

Kenapa saya berani membagikan informasi ini untuk anda? Tak lain tak bukan karena selama 7 bulan saya menekuni Usaha martabak mini terbukti cepat dapat untung dan modalnya juga kecil bahkan saya setiap berjualan waktunya tak lebih dari 2 jam namun Alhamdulillah selalu habis kalau ada sisa juga sedikit.
Baca juga :





  • Martabak Camilan Legendaris Favorit Masyarakat Indonesia
  • Daftar Harga Martabak Mini Unyil Manis Lengkap


  • Usaha ini sangat cocok buat mereka yang baru akan memulai bisnis tapi terkendala modal dan karena waktu jualannya singkat anda masih bisa menekuni usaha lainnya bahkan bisa dijadikan usaha sampingan.

    Bagaimana seluk beluk usaha martabak mini unyil manis ini? Silahkan simak informasi berikut ini:

    Peralatan Yang dibutuhkan usaha martabak mini

    Peralatan yang digunakan usaha ini tidaklah banyak bahkan mudah didapatkan dan harganya relatif murah.Peralatan utamanya Cetakan martabak,Kompor gas serta Tabungnya sedangkan peralatan pendukungnya adalah Booth/stan/gerobak,Loyang,tempat toping(Isian),tempat mentega,Kuas,Capitan,sendok pipih,Ember adonan,Mixer(Jika perlu),Steples,Parutan keju.

    Peralatan yang mungkin butuh modal lebih adalah gerobak karena jika beli sudah jadi/memesan harganya lumayan mahal sekitar 3-5 jutaan dengan bahan Alumunium tapi itu bisai diakali dengan membuat gerobak sendiri dan tidak perlu besar-besar bahannya cukup dari kayu bahkan bisa kayu bekas bangunan atau kayu bekas palet industri yang  dijual ditoko kayu Madura bisa juga beli besi bentuk L nanti dirangkai sendiri.Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gerobak yang saya pakai dibawah ini dan itu buatan saya sendiri biaya pembuatannya tak lebih dari 400 ribu.



    Gerobak yang saya gunakan sangat minimalis tanpa roda dan bisa diangkut menggunakan motor.Kenapa saya memilih menggunakan gerobak semacam itu? Biaya lebih murah,mudah dibawa ketempat-tempat yang ramai dan ketika mangkal tidak memakan tempat karena saya meletakkan gerobaknya saja sedang motornya ditempat lain.

    Dengan cara ini ternyata membuat pembeli terutama dari kalangan anak-anak tertarik karena bisa melihat dari dekat baik bentuknya maupun isiannya jadi bebas memilih.Jika anda ingin menekuni usaha martabak mini saya sarankan menggunakan gerobak yang sederhana dulu jangan buru-buru membeli/memesan gerobak alumunium karena harganya mahal karena belum tentu usaha anda berjalan dengan baik.

    Bahan Baku Usaha Martabak Mini yang harus dipersiapkan

    Bahan baku yang digunakan untuk membuat martabak mini unyil manis atau terang bulan ini sangat mudah ditemukan ditoko bahan pembuat kue jadi saya rasa anda tidak akan menemui banyak kesuitan.Berikut bahan baku selengkapnya :

    Bahan Adonan kulit : Terigu Segitiga biru,Gula Pasir,garam,Pengembang kue( Gist dan Baking Powder) dan Air.

    Bahan baku ini bisa saja berbeda dengan pedagang martabak mini lain namun saya sendiri lebih memilih hanya menggunakan bahan-bahan tersebut karena lebih hemat bahan baku kalau anda mau bisa ditambah dengan telur,mentega cair,susu bubuk atau aroma pasta namun tentu saja biaya produksinya jadi lebih mahal.

    Bahan isian/Taburan/Toping : Coklat Butir(Meses),Gula pasir,Kacang,Chochochips,Keju dan Selai Strawberi,Nanas,Bluberi,Susu kental Manis.

    Sedangkan untuk pembungkusnya bisa menggunakan Plastik Mika yang bisa menampung 1 dan 2 potong martabak dengan disteples.

    Cara Pemasaran Usaha Martabak Mini Cepat Untung

    Langkah ini menurut saya paling penting karena jika salah langkah bisa membuat usaha ini merugi dan langkah yang terpenting adalah menentukan lokasi mangkal.Untuk tahap awal saya menyarankan untuk mangkal secara gratis dulu jangan sewa tempat.

    Langkah selanjutnya adalah menentukan target konsumennya dan berdasarkan pengalaman saya selama menekuni usaha martabak mini unyil ternyata kebanyakan pembeli martabak saya dari kalangan anak-anak karena memang harganya murah ada juga orang dewasa namun tidak sebanyak anak-anak.

    Jadi agar usaha ini cepat untung sebaiknya mangkal ditempat-tempat yang banyak anak-anak berkumpul seperti sekolah atau TPA(Taman Pendidikan Alquran).Hanya saja kendalanya jika mangkal disekolah hanya bisa dilakukan di saat istirahat dan tidak semua sekolah yang memperbolehkan siswanya jajan keluar jadi jika anda ingin mangkal disekolah carilah sekolah yang siswanya banyak dan bisa jajan keluar dan carilah sekolah yang ada kelas sorenya jadi anda bisa mangkal pagi dan sore.

    Jika anda tinggal diperumahan anda juga bisa memanfaatkan Pasar kaget yang biasanya dilakukan pada hari-hari tertentu saja.Saya sendiri hanya mangkal disore hari yaitu di TPA (Mengaji) Masjid dan di Pasar kaget pernah juga Mangkal Di SD namun karena keterbatasan waktu saya hanya mangkal di sore hari.

    Meskipun saya mangkal hanya 1-2 jam,saya mulai mangkal jam 16.00 dan pulang jam 17.30 atau sehabisnya adonan namun omsetnya lumayan tak kurang dari 80 potong martabak bisa saja jual perharinya apalagi jika mangkal di pasar kaget omsetnya bisa lebih besar lagi bisa mencapai 120 potong martabak per hari.

    Harga jual juga sangat menentukan besarnya omset makanya perlu mematok harga yang sesuai kantong anak-anak sebagai contoh saya mematok harga yang temurah Rp.1000 dan termahal Rp.2000 dan faktanya kebanyakan membeli yang harga Rp.1000.

    Jika anda ingin menjual dengan harga Rp.1000 tentunya bahan bakunya harus disesuaikan artinya kalau bisa semurah mungkin terutama adonannya. Saya tidak menggunakan telur,mentega cair atau pasta hingga biaya produksinya lebih murah.Meskipun  adonannya biayanya murah tapi  bahan adonan yang saya pakai biasa dipakai oleh pedagang martabak manis.

    Untuk meningkatkan citra rasa caranya dengan menambahkan isian yang enak/berkelas misalnya keju susu,kacang coklat atau coklat chocochips ibaratnya seperti memakan roti tawar jika topingnya enak rasanya juga jadi enak padahal asalnya tawar.

    Satu hal lagi yang perlu anda catat pastikan martabak mini yang anda buat hasilnya bagus dalam artian mengembang,empuk,teksturnya bagus dan warnanya coklat/garing untuk itu sebelum berjualan saya sarankan uji coba terlebih dahulu sampai benar-benar menghasilkan martabak yang bagus seperti layaknya martabak pada umumnya barulah berjualan.

    Demikianlah artikel seputar Usaha Martabak Mini Cara Cepat Cari Untung Semoga bisa bermanfaat untuk usaha Anda dan Salam Sukses!
    Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
    Buka Komentar
    Tutup Komentar